Selasa, 28 Juni 2011

Kenali Gaya Belajarmu ..


Hmmmm, gara belajar??!
gimana sich gara belajarmu slama ini??
Kenali Gara Belajarmu, Yuuk ..

 

Tapi ada syaratnya, ...
kamu harus jawab pertanyaan ini dengan jujur  ...
Lihat juga strategi untuk belajar, sesuai gaya belajarmu ..




OK, sekarang siapin kertas dan juga alat tulis
Setelah itu, ...
jawab pertanyaan di Tabel A, B, dan C dengan jawaban YA / TIDAK, sudah siaaaap??!


((: Selamat Mencoba :))


TABEL A
  1. Jika mengerjakan sesuatu, saya akan selalu membaca instruksinya terlebih dahulu
  2. Saya lebih suka kegiatan membaca daripada mendengarkan penjelasan
  3. Saya selalu dapat menunjukkan arah utara ataupun selatan dimanapun saya berada
  4. Saya suka menulis surat, jurnal, atau buku harian
  5. Ketika orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakan dalam pikiran saya
  6. Saya melihat objek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengnali objek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar atau diubah
  7. Saya sering mencoret-coret kertas pada saat berbicara di telepon atau dalam kelas
  8. Saya lebih suka membaca cerita daripada mendengarkan
  9. Saya dapat dengan sangat cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya
  10. Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan pada saya
TOTAL :


TABEL B
  1. Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada dikaset daripada membaca buku
  2. Saat sendirian, saya biasanya memainkan musik/lagu atau bernyanyi
  3. Saat berbicara, saya suka mengatakan “Saya mendengarkan Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus” 
  4. Saya tahu hampir semua kata dari lagu yang saya dengar
  5. Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat bicara di telpon
  6. Tanpa musik, hidup amat membosankan
  7. Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja
  8. Saya lebih suka musik daripada seni lukis
  9. Saya alebih suka berbicara daripada menulis
  10. Saya aakan sangat terganggu apabila aa orang yang berbicara pada saya saat sedang nonton Tv
  11. Saya dapat mengingat dengnan mudah apa yang orang katakan
TOTAL :


TABEL C
  1. Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku
  2. Ruangan, meja, atau kamar saya biasanya berantakan atau tidak teratur
  3. Saya suka merancang, mengerjakan dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya
  4. Saya suka olahraga dan rasanya saya adalah olahragawan yang baik
  5. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu
  6. Saya lebih suka melakukan contoh peragaan daripada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian
  7. Saya biasanya berbicara dengan perlahan
  8. Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi
  9. Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca
  10. Saya merasa paling mudah belajar sambil mempraktikkan atau melakukan
TOTAL :



Setelah selesai mengisi setiap tabel yang tersedia, hitunglah total tabelnya.

Jumlah yang terbanyak pada tabel tersebut merupakan gaya belajar kamu.
Apabila jumlah terbanyak berada pada :
Tabel A maka gaya belajar kamu adalah Visual
Tabel B maka gaya belajar kamu adalah Auditori
Tabel C maka gaya belajar kamu adalah Kinestetik

Gunawan, A. W. (2004). Genius  learning stategy: Petunjuk praktis untuk menerapkan accelerated learning.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama


Gimana??!
Udah lebih tau cara belajar kamu sekarang??!
Kalo udah tau, sekarang tinggal cari tau gimana strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajar kamu :)

2 komentar: