Sabtu, 13 Juli 2013

Komunikasi antar Pribadi dalam Film "3 IDIOTS"

SINOPSIS 3 IDIOTS
3 Idiots merupakan sebuah film India yang alurnya bolak-balik, kami memilih film ini karena terdapat unsur pendidikan dan komunikasi didalamnya. Film ini menceritakan tentang seorang tiga mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi fakultas teknik. Ketiga mahasiswa ini memiliki cerita yang berbeda- beda. Rancho adalah anak jenius yang berpura-pura kuliah karena dia mencintai mesin. Dia anak seorang pembantu, majikannya mengkuliahkan dia karena sang majikan mengincar ijazah Rancho untuk suatu proyek. Rancho kemudian terjerat kisah cinta dengan mahasiswi kedokteran yang bernama Phia. Raju adalah anak dari ekonomi bawah yang khawatir dengan kuliahnya, dia dituntut keluarganya untuk menjadi insiyur sukses agar dapat mengubah hidup keluarganya. Dia divonis oleh dosennya bahwa tidak akan mendapat pekerjaan karena dia yang tidak pernah fokus dengan kuliahnya dan selalu mendapat nilai yang buruk. Farhan adalah anak yang ditekan oleh keluarganya untuk menjadi insinyur padahal dia sangat mencintai fotografi. Pada akhir cerita ketiga orang tersebut menjadi orang yang sukses sesuai dengan bidangnya masing- masing, Rancho yang mencintai mesin menjadi ilmuan yang terkenal, Raju yang divonis sang dosen tidak akan mendapat pekerjaan namun dia mendapat pekerjaan memalui wawancara universitas suatu perusahaan dan dia menjadi sukses, Frhan yang mencintai fotografer telah menjadi fotografer sungguhan, kedua orang tuanya yang awalnya tidak setuju namun akhirnya bisa menerima bahwa anaknya adalah seorang fotografer profesional. Pesan yang terkandung dalam film ini adalah jadilah dirimu sesuai yang kau cinta dan sesuai dengan bakatmu.



RINGKASAN CERITA 3 IDIOTS
Video A
Komunikasi ini terjadi di saat proses kuliah. Saat dosen meminta salah satu mahasiswa menjelaskan tentang arti mesin. Ranchu tersenyum saat melihat dosennya. Dosen meminta Ranchu menjelaskan arti mesin. Dia menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana dan disertai dengan humor. Dosen tidak menerima pendapat Ranchu karena terkesan tidak serius. Saat salah satu mahasiswa yang bernama Chatue mejelaskan arti mesin dengan bahasa yang rumit yang terdapat di buku namun chatur hanya menghapalnya. Dosen tersebut terlihat senang dan menerima jawaban itu. Ranchu disuruh keluar oleh dosen. Namun dia ternyata dapat enjelaskan arti mesin dengan bahasa teknis yang bail dan akhirnya dosen tersebut merasa heran dan kagum pada kecerdasan Rancho
  • Komunikasi antara orang tua (dosen) dan orang muda (mahasiswa), dimana dosen tersebut tidak menghargai pendapat mahasiswanya. Terdapat komunikasi non verbal yaitu kemarahan sang dosen. Terjadi perbedaan persepsi antara keduanya.
  • Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi tidak perlu begitu rumit karena inti dari komunikasi yaitu proses pertukaran makna jadi bahasa yang sederhana dapat digunakan agar komunikasi lebih mudah dipahami.

Video B
Komunikasi saat dosen berbicara dengan ayah Joy Lobo. Bahasa yang digunakan dosen terlalu tegas dan kesannya kurang empati. Saat dosen menggunakan bahasa anak anda tidak dapat lulus ujian.Seharusnya dosen menggunakan kata kata yang lebih lembut dan berempati terhadap ayah Lobo
Komunikasi antara dua orang yang berbeda usia yaitu dosen dan mahasiswanya. Komunikasi tidak efektif karena dosen tidak mau memperhatikan maksud yang disampaikan mahasiswa tersebut.
Terjadi komunikasi non verbal saat Ranchoo melihat Joy Lobo membuang pesawat hasil ciptaannya ke tempat sampah. Komunikasi memiliki tujuan saat Joy Lobo ingin menunjukkan karyanya kepada sang dosen.
  • Dosen tidak empati tinggi terhadap mahasiswanya.
  • Komunkasi negatif yang searah yang tidak memperhatikan dan menghargai lawwan bicaranya. Kemudian menyebabkan mahasiswa tersebut bunuh diri.
Video C
Dosen menjelaskan dengan sangat cepat kepada mahasiswa tanpa adaanya pengertian dari dosen kalau mahasiswanya belum paham. Mahasiswa hanya terbengong karena sistem belajar dari dosen yang terlalu cepat dan tidak komunikasi.
  • Terjadi komunikasi searah dan komunikasi tidak langsung melalui media papan tulis. Komunikasi negatif karena mahasiswanya tidak mengerti apa yang dijelaskan dosennya. Dosennya juga tidak memberi ruang dan kesempatan kepada mahasiswanya untuk bertanya.
  • Seharusnya komunikasi harus efektif sehingga antara dosen dan mahasiswa terdapat empati dalam memahami satu sama lain. Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Video D
Tanggapan dan nilai komunikasi
Saat Rancho dan dosen terlihat adu mulut keduanya sama- sama keras kepala sehingga komunikasi tidak efektif. Hal ini komunikasi harus dilakukan dengan keadaan tenang antara komunikator dan komunikan.
Saat Ranco menjelaskan dikelas terjadi komunikasi satu arah dari Ranchoo ke teman-teman dikelas dan dosennya sehingga saat menjelaskan kata- kata maka teman-temannya tertawa karena merasa tertipu namun dosen marah karena merasa dipermainkan oleh Rnchoo. Saat itulah dosen menggunakan komunikasi non verbal yaitu marah.
  • Terjadi komunikasi yang tidak efektif karena adanya keegoisan dosen yang tikdak mau mendengar pendapat mahasiswanya. Perbedaan persepsi menyebabkan komunikasi negatif, mahasiswa berpendapat bahwa kesalahan perguruan tinggi ini adalah sistemnya.

Video E
Saat Rancho dan teman-temannya datang ke pesta pernikahan putri dosennya tanpa diundang, untuk makan gratis. Sebenarnya tujuan mereka telah diketahui oleh salah satu putri dosennya. Setelah kejadian itu dosennya memanggil Farhan dan Raju dan menyuruh mereka pindah kamar untuk menjauhi Ranchoo dan agar bisa lulus ujian.
  • Terjadi komunikasi yang negatif antara karena 3 mahasiswa dengan dosen karena tingkah laku mahasiswa tersebut yang tidak berkenan dihati dosen tersebut. 
  • Saat kedua mahasiswa dipanggil sang dosen terjadi komunikasi yang bersifat koorientasi antara dosen ke mahasiswanya,,dosen tersebut bertujuan pemanggilan keduanya untuk tidak berteman dengan Ranchho (yang vokal). Disini terdapat komunikasi non verbal saat mereka melihat kebiasaan aneh dosennya yaitu mencukur jenggot.
Video F:
Dalam cerita tersebut Chatur diminta untuk memberi sambutan suatu acara penyambutan dengan bahasa india,namun dia tak paham bahasa india maka dia menyuruh penerjemah untuk membuatkan pidatonya. Tetapi Ranchoo ingin memberi pelajaran terhadap Chatur dengan mengubah beberapa kata dalam pidato tersebut menjadi kata- kata yang kurang sopan arti yang salah sehingga menimbulkan presepsi negatif. Saat penyambuan seluruh isi ruangan tertawa mendengar isi pidato Chattur yang tidak sopan,dosennya marah (non verbal). Hal ini komunikasi dipengaruhi oleh faktor bahasa. 
  • Penggunaan telepon sebagai media komunikasi menunjukkan bahwa telepon tersebut dapat mempermudah jalannya komunikasi.
Video G;
Terjadi komunikasi yang tidak efektif antara Rancho dengan Pia (pacarnya) saat mereka berboncengan yaitu saat Pia berbicara Rancho tidak mendengarkan hanya diam saja dan fokus berkendara hal ini membuat pesan tidak dapat tersampaikan antara partisipan tersebut.
Adanya wujud komunikasi nn verbal yaitu menangis antara Rancho dan Raju sebagai ungkapan terimakasih dan persahabatankarena Rancho btelah membawa ayah Raju tepat waktu ke Rumah Sakit.

Video H;
Terdapat dua komunikasi non verbal:
Ditunjukkan saat Raju menangis karena sebagai bentuk ekspresi dari perasaan sedih dan bingung.
Saat Raju merasa benar- benar sedih dan putus asa karena disuruh dosennya buat surat pengunduran diri sebagai mahasiswa. Dia melampiaskan kemarahannya dengan mencoba bunuh diri.
Komunikasi verbal : Saat Dosennya menjelaskan bahwa Raju dikeluarkan dari kampusnya, Dosen tersebut menjelaskan secara ga,blang dan terbuka.

Video I:
Komunikasi yang terjadi adalah komunikasi verbal yaitu saat Farhan berusaha meyakinkan ayahnya behwa dia ingin menjalani hidupnya sebagai seorang fotogrsfer bukan sebagai insinyur. Farhan mengungkapkan perasaanya kepada ayahnya dengan sopan dan lembut. Namun, ayahnya bersikeras agar Farhan tetap menjadi insinyur. Ibu farhan mencoba menenangkan dan akhirnya ayah Farhan sadar bahwa kebahagiaan anaknya tidak diukur oleh harta tetapi kebahagiaan itu adalah pilihan sehingga setiap orang berhak mencari kebahagiaan itu.
Komunikasi non verbal : Tangis bahagia saat mereka sepakat untuk membiarkan Farhan memilih profesi sesuai dengan keinginannya.
Marah, ayah Farhan tidak setuju dengan pandapat Farhan.

Nilai-nilai Komunikasi yang terkandung dalam Film 3 IDIOTS
  1. Harus ada empai dan sikap saling mendukung dalam suatu komunikasi antar pribadi 
  2. Harus ada timbal balik atau keaktifan dari masing- masing pelaku agar tercipta komunikasi yang aktif 
  3. Salah satu pelaku komunikasi hendaknya memberi kesempatan kepada pelaku yang lain untuk mengutarakan apa yang ingin mereka informasikan. 
  4. Dalam berkomunikasi hendaknya kita memahamu apa yang kita sampaikan, sehingga apa yang kita sampaikan dapat dengan mudah dimenegrti oleh orang lain dan tidak perlu berbelit-belit dalam menyampaikan suatu informasi kepada orang lain. 
  5. Bahasa merupakan salah satu faktor penentu komunikasi, jadi kita sebaiknya memahami bahasa.

1 komentar:

  1. Maaf mau tanya, maksudnya Video A,B,C dst maksudnya apa ya? Menit?

    BalasHapus