Jumat, 12 Juli 2013

Program Semesteran Layanan Bimbingan dan Konseling

 
Dalam Program Bimbingan dan Konseling, terdapat ProgramTahunan, Program Semesteran, Program Bulanan dan Program Mingguan. Ada berbagai program yang terdapat dalam Program Semesteran, diantaranya :
  1. Layanan Orientasi : siswa dikenalkan pada lingkungan dan personal sekolah, kurikulum, program, tata tertib, pengenalan sarana prasarana olah raga yang ada disekolah, pengembangan obyek pengembangan karir dan sanggar seni, budaya di masyarakat dan sekolah, dan lembaga bimbingan dan belajar, kegiatan gotong royong dan lingkungan pekerjaan,
  2. Layanan Informasi : Sebagai guru BK terdapat pelayanan BK seperti mengenalkan, mengarahkan anak untuk memilih ekstrakulikuler di sekolah, mengajarkan tata krama yang ada dalam sekolah, mengetahui sebab kegagalan dalam belajar, cara bergaul yang baik, ketrampilan membaca, dan kursus ketrampilan.
  3. Layanan Penempatan dan Penyaluran : Sebagai guru BK juga dapat pengarahan tentang ekstrakulikuler yang ada di sekolah, penempatan dalam diskusi kelompok, penempatan tempat duduk, cara mengembangkan potensi diri, belajar secara efektif dan efisien, efektifitas hubungan sosial, dan kegiatan kelompok belajar.
  4. Layanan Penguasaan Konten :  Sebagai guru BK kita harus mengetahui dan memberi pengarahan tentang hak dan kewajiban siswa, faktor yang mempengaruhi hasil belajar, cerdas emosi, dan memberikan kiat-kiat dalam hal pergaulan agar diterima teman.
  5. Layanan Konseling Individual : Setiap pertemuan dalam layanan konseling terdiri dari  5 peserta didik untuk konsultasi tentang masalah pribadi, sosial, belajar, karier, keagamaan, dan keluarga.
  6. Layanan Bimbingan Kelompok :  Setiap pertemuan dalam layanan bimbingan kelompok terdiri dari 2 kelompok peserta didik untuk membahas tentang pola hubungan sosial yang sehat dengan teman sebaya, siapa yang paling bertanggung jawab atas pendidikan diri, membahas hubungan antara aktivitas belajar dengan hari depan, dan membahas harapan dan pilihan studi lanjut oleh orang tua bagi anak.
  7. Layanan Konseling Kelompok : Setiap pertemuan dalam layanan konseling kelompok terdiri dari 2 kelompok peserta didik. Dalam layanan ini dapat membahas tentang masalah pribadi yang dialami anggota kelompok, masalah sosial yang dialami anggota kelompok dalam kelompok, membahas masalah belajar yang dialami anggota kelompok dalam kelompok, membahas masalah karir yang dialami kelompok dalam kelompok, membahas masalah keyakinan yang dialami anggota kelompok dalam kelompok, dan membahas masalah keluarga yang dialami kelompok.
  8. Layanan Mediasi :   Mendamaikan konseli yang berselisih yang bersifat insidental. Konselor berusaha untuk menjadi penengah dengan tanpa memihak satupun konseli yang sedang berselisih paham *(adil).
  9. Layanan Konsultasi :Pemberdayaan pihak lain untuk membantu siswa dalam proses pengembangan diri, proses pengembangan kompetensi sosial, pengembangan kemampuan belajar, pengembangan wawasan karir, mengembangkan pengetahuan keagamaan, dan mengembangkan pemahaman tentang keluarga.
  10. Layanan Advocasi : membela konseli dan tindakan pihak lain yang merugikan.
  11. Aplikasi Instrumentasi :  Guru BK menyelenggarakan anecdotal records, problem chek list, catatan berkala, kotak masalah, ITP (Inventori Tugas Perkembangan), sosiometri, wawancara, survey kebiasaan, sikap belajar, daftar cek pekerjaan, angket pilihan studi lanjut, tes IQ dan tes hasil belajar.
  12. Himpunan Data : Guru BK menghimpun  data perkembangan, kondisi, lingkungan pribadi, kondisi hubungan sosial serta lingkungan sosial, data perkembangan kemampuan, kegiatan, hasil belajar, arah, persiapan karir, saifat, sikap dan kebiasaan dalam beriman, dan menghimpun data hubungan keluarga, kondisi dan lingkungan keluarga.
  13. Konferensi Kasus :   Membahas masalah pribadi, sosial, belajar, karir, agama dan keluarga (insidental).
  14. Kunjungan Rumah (Home Visit) : Guru BK mengadakan pertemuan dengan orang tua/ keluarga dari peserta didik yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar, karir, keagamaan dan keluarga. Mengunjungi 1 siswa setiap kunjungan.
  15. Tampilan Kepustakaan :   Bacaan dan rekaman tentang kisah orang sukses, perkembangan pemahanan diri dan kehidupan pribadi. Bacaan dan rekaman tentang perkembangan dan kemampuan hubungan sosial, kiat dalam  bergaul dan persahabatan.Bacaan dan rekaman tentang perkembangan kemampuan dan aktivitas belajar secara efektif, kiat mengahadapi ujian. Bacaan dan rekaman tentang perkembangan dan arah serta persiapan karier. Bacaan dan rekaman, arah, dan persiapan karier serta informasi tentang sekolah lanjutan, aktivitas keagamaan dan kehidupan keluarga peserta didik.
  16. Alih Tangan Kasus : Pendalaman, penanganan dan penuntasan masalah pribadi, hubungan sosial, belajar, karier, keagaman dan keluarga (insidental).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar