Jumat, 12 Juli 2013

Program Layanan Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Konseling sebagai pilar pendidikan membantu anak untuk mencapai perkembangan yang optimal. Demi berjalannya bimbingan dan konseling di sekolah maka konselor membuat Program Bimbingan dan Konseling yang bertujuan agar dalam proses pendidikan dapat berjalan sesuai apa yang telah diprogram dengan baik.
Dalam sekolah terdapat Program Tahunan, Program Semesteran, Program Bulanan, Program Mingguan, Program Harian Bimbingan Konseling / pengembangan diri Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun pelajaran 2010/2011 terbagi atas beberapa layanan, yaitu ; layanan orientasi, informasi, penempatan/ penyaluran, penguasaan konten, konseling perorangan, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konsultasi, mediasi, advocasi, instrumentasi, data, kasus, rumah, kepustakaan, kasus dan terbagi dalam beberapa bidang bimbinganan materi layanan pengembangan, meliputi ; pribadi, sosial, belajar, karier, keagamaan, dan keluarga.
  1. Program Tahunan : merupakan seluruh rancangan program kerja dalam pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling dalam satu tahun, yang berisi mulai dari program semester hingga program mingguan.
  2. Program Semesteran : merupakan seluruh rancangan program kerja, penjabaran dari program tahunan yang dibuat oleh seluruh TIM BK dan berbagai pihak yang terlibat dalam pembuatan Program Layanan Bimbingan dan Konseling.
  3. Program Bulanan : merupakan rincian dari program bulanan yang dirancang dalam program kerja Layanan Bimbingan dan Konseling.
  4. Program Mingguan : merupakan penjadwalan kapan dilaksanakan kegiatan program Bimbingan dan Konseling secara terperinci  yang sudah dibuat dalam Program BK 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar