Jumat, 12 Juli 2013

Program Tahunan Layanan Bimbingan dan Konseling


Dalam Program Bimbingan dan Konseling, terdapat ProgramTahunan, Program Semesteran, Program Bulanan dan Program Mingguan. Ada berbagai program yang terdapat dalam Program Tahunan, diantaranya :
  1. Layanan Orientasi : Siswa dapat mengembangkan pribadinya sesuai dengan potensi dan kemampuannya, dapat bergaul dengan teman sebaya, memiliki kemampuan sendiri dalam belajar, mengetahui jenjang dan jenis pendidikan di Indonesia, memiliki sikap dan perilaku sendiri dalam beribadah dan perilaku dalam keluarga. 
  2. Layanan Informasi : Siswa mengetahui pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan diri remaja agar mereka lebih percaya diri. Siswa mampu memahami tatanan kehidupan masyarakat dengan norma dan nilai yang ada didalamnya. Siswa mampu belajar secara terencana dan terprogram, dapat mengenal dunia kerja dan kebutuhan akan tenaga kerja, dapat menentukan sikap dan kebiasaan dalam beriman dan menjadikan keluarga sebagai lembaga pendidikan.
  3. Penempatan dan Penyaluran : Guru bimbingan dan konseling menempatkan siswa di kelas sesuai dengan kondisi fisik dan psikis, mengarahkan untuk memilih teman bergaul dan belajar atau dapat membentuk kelompok kerja dan belajar, dapat memilih pendidikan lanjut dan pekerjaan sesuai bakat dan minat.
  4. Layanan Penguasaan Konten : Siswa dapat menguasai kompetensi psikologis, psikososial, ketrampilan belajar, dapat merencanakan dan mempersiapkan karier, memanfaat waktu belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian.
  5. Layanan Konseling Individual : Mengatasi masalah atau krisis pribadi terdiri dari 5 siswa yang ditangani, mengatasi krisis sosial terdiri 10 siswa, mengatasi masalah belajar terdiri 20 siswa, mengatasi masalah karier terdiri 5 siswa, mengatasi masalah keagamaan dan keluarga.
  6. Layanan Bimbingan Kelompok : Membahas hubungan sosial yang sehat yang terdiri dari 3 kelompok. Membahas siapa yang paling bertanggungjawab atas pendidikan diri terdiri dari 3 kelompok. Membahas tentang hubungan antar aktivitas belajar dengan hari depan. Membahas bagaimana mempertebal iman, mengingatkan kembali akan bahaya miras, rokok, penyuluhan HIV dan AIDS.
  7. Layanan Konseling Kelompok : Membahas harapan dan pilihan studi lanjut oleh orang tua bagi anak. Membahas masalah pribadi yang dialami anggota kelompok dalam kelompoknya terdiri dari 3 kelompok. Membahas masalah sosial yang dialami anggota kelompok. Membahas masalah belajar  dan karier yang dialami anggota kelompok. Membahas keyakinan yang dialami anggota kelompok.Membahas masalah keluarga anggoota kelompok.
  8. Layanan Konsultasi : Pemberdayaan pihak lain untuk membantu siswa dalam proses pengembangan diri yang dilakukan kurang lebih dua semester selama 30 kali. Pemberdayaan pihak lain untuk membantu siswa dalam proses mengembangkan kompetensi sosialnya selama 30 kali. Pemberdayaan pihak lain untuk membantu siswa dalam proses mengembangkan kemampuan belajar siswa, mengembangkan wawasan karier. Memperdalam pengetahuan keagamaan. Mengembangkan pengatahuan dalam keluarga.
  9. Layanan Mediasi : Mendamaikan konseli yang berselisih
  10. Layanan Advocasi : Membela konseli dari tindakan pihak lain yang merugikannya.
  11. Layanan Aplikasi Instrumentasi : Instrumen test dan non test untuk mengungkapkan kondisi, masalah, bakat dan minat peserta didik. Mengunkapkan kondisi hubungan sosial peserta didik. Untuk mengetahui tingkat pemahaman anak didik. Instrumen test dan nontest untuk mengungkapkan kondisi dan masalah karier peserta didik. Instrumen test dan non test untuk mengungkap kondisi, masalah keberagamaan peserta didik.
  12. Himpunan Data : Adanya buku pribadi yang berisi data perkembangan kondisi dan lingkungan pribadi. Data perkembangan kondisi hubungan sosial serta lingkungan sosial. Data perkembangan kemampuan akademik, arah dan persiapan karier. Data perkembangan kemampuan, sifat, sikap dan kebiasaan dalam beriman. Data hubungan kondisi dan lingkungan keluarga.
  13. Konferensi Kasus : Pembahasan kasus-kasus atau masalah pribadi, sosial, belajar, karier, aktivitas keagamaan, keluarga yang dialami peserta didik (insidental)
  14. Kunjungan Rumah : Pertemuan dengan orang tua atau keluarga dari peserta didik yang mengalami masalah pribadi, hubungan sosial, belajar, persiapan karier, keagamaan dan masalah keluarga.
  15. Tampilan Kepustakaan : Bacaan dan rekaman tentang kisah orang sukses, perkembangan pemahanan diri dan kehidupan pribadi. Bacaan dan rekaman tentang perkembangan dan kemampuan hubungan sosial, kiat dalam  bergaul dan persahabatan.Bacaan dan rekaman tentang perkembangan kemampuan dan aktivitas belajar secara efektif, kiat mengahadapi ujian. Bacaan dan rekaman tentang perkembangan dan arah serta persiapan karier. Bacaan dan rekaman, arah, dan persiapan karier serta informasi tentang sekolah lanjutan, aktivitas keagamaan dan kehidupan keluarga peserta didik.
  16. Alih Tangan Kasus : Pendalaman, penanganan dan penuntasan masalah pribadi, hubungan sosial, belajar, karier, keagaman dan keluarga (insidental).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar