Sabtu, 15 September 2012

Komponen-komponen Program BK Perkembangan


BAB II
KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN
KONSELING PERKEMBANGAN

A.   Pengertian dan Prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling Perkembangan
B.   Asumsi-asumsi Bimbingan dan Konseling Perkembangan
C.   Tugas-tugas  perkembangan sebagai dasar layanan Bimbingan dan Konseling

D.   Komponen-komponen program Bimbingan dan Konseling Perkembangan
Bimbingan dan Konseling Perkembangan memiliki 4 (empat) komponen program, yakni: layanan dasar bimbingan atau layanan kurikulum bimbingan, layanan responsif, layanan perencanaan individual, dan dukungan sistem (Gysbers & Henderson, dalam Muro & Kottman, 1995:5)
  1. Layanan Dasar Bimbingan atau  Layanan Kurikulum Bimbingan
  2. Layanan Responsif
  3. Layanan Perencanaan Individual
  4. Dukungan Sistem




 

1.    Layanan Dasar Bimbingan atau  Layanan Kurikulum Bimbingan
Layanan Dasar Bimbingan atau Layanan Kurikulum Bimbingan adalah ”rencana bimbingan” yang berisi hal-hal umum yang perlu dikembangkan pada seluruh siswa melalui layanan bimbingan dalam membantu siswa mengembangkan ketrampilan hidup dan perilaku efektif. Adapun hal-hal umum yang merupakan isi bimbingan yang dikemas ke dalam komponen ”layanan dasar bimbingan” ini adalah bimbingan yang menunjang pencapaian semua tugas-tugas perkembangan siswa dalam semua indikatornya, melalui bimbingan informatif secara klasikal atau kelompok.


2.    Layanan Responsif
Layanan Responsif pada dasarnya layanan intervensi yang berupa kegiatan menanggapi siswa-siswa yang mengalami krisis dan yang memerlukan bantuan khusus, serta pencegahan akan kemungkinan kesulitan dalam membuat pilihan. Di samping itu, layanan ini juga berupa menanggapi kepedulian dan kebutuhan siswa dalam jangka pendek yang terjadi dan dirasakan pada saat ini.
Dalam layanan responsif ini, peranan Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor) adalah memberikan layanan konseling individual/kelompok; berkonsultasi dengan guru, kepala sekolah, dan personil sekolah lainnya, serta orang tua siswa berkaitan dengan penangan siswa; dan mengkoordinasikan berbagai strategi intervensi kepada siswa; serta merujuk siswa ke ahli lain jika perlu. Adapun isi bimbingan yang dikemas ke dalam komponen layanan responsif ini adalah topik-topik selektif dan prioritas dari aspek-aspek tugas perkembangan yang tingkat ketercapaiannya masih jauh dari optimal atau yang masih sangat rendah.


3.    Layanan Perencanaan Individual
Layanan Perencanaan Individual pada dasarnya merupakan layanan bantuan untuk semua siswa dalam membuat dan melaksanakan perencanaan pribadi, sosial, pendidikan/belajar, dan karir. Tujuan utama layanan ini adalah membantu siswa-siswa belajar memahami pertumbuhan dan perkembangannya, membuat perencanaan dan melaksanakannya untuk menuju tujuan perkembangan yang hendak dicapainya.
Dalam layanan perencanaan individual ini, peranan konselor adalah memandu seluruh siswa dalam memahami, membuat perencanaan, dan melaksanakannya untuk mencapai tujuan perkembangan yang ditetapkannya, dalam forum kegiatan bimbingan kelompok atau klasikal.


4.    Dukungan Sistem
Komponen program layanan ini memberikan bantuan kepada staf Bimbingan dan Konseling di dalam melaksanakan tiga komponen layanan di atas, dan kepada personil sekolah lainnya memberikan bantuan di dalam melaksanakan program-program pendidikan lainnya di sekolah.
Terhadap layanan bimbingan dan konseling, dukungan yang perlu diberikan ditujukan kepada: pengembangan program bimbingan dan konseling termasuk pengelolaan anggaran, bahan-bahan, dan fasilitas; pengembangan staf; pemafaatan sumber daya masyarakat; dan pengembangan dan/atau penataan kebijakan, prosedur, dan petunjuk tertulis.
Terhadap program-program pendidikan lainnya, dukungan yang perlu diberikan ditujukan kepada: perencanan perbaikan sekolah, penetapan pengelolaan tempat, kegiatan administratif yang berhubungan dengan bimbingan, kerjasama dengan program-program pendidikan vokasional dan pendidikan khusus. Dengan kata lain, dukungan sistem ini diarahkan kepada upaya penataan sistem manajemen untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar