Senin, 17 September 2012

Diagnosa [Donald H. Blocher]


Diterjemahkan oleh :
no name; mahasiswa BK '10 A FKIP UNS

Salah satu sumber tertua dan menghasilkan kesepakatan pada pertanyaan apakah konseling perkembangan itu untuk mendiagnosa atau tidak untuk mendiagnosa. Bagian dari perselisihan mungkin berasal dari kenyataan bahwa, sebagai suatu istilah, kata "diagnosa" diambil dari kedokteran dan memiliki konotasi kuat medis.
Diagnosa dalam pengobatan dan diagnosa dalam konseling tidak sama, meskipun proses dasarnya serupa. Untuk dokter, proses diagnosa ditujukan untuk menemukan penyakit tertentu kemudian dokter dapat meresepkan terapi atau pengobatan khusus yang berbeda. Diagnosa dalam pengertian ini menyangkut ilmu tentang gejala, penggunaan tes laboratorium untuk mengidentifikasi penyakit,  dan sebagainya. Diagnosa harus dilakukan sebelum proses pengobatan.
Bahkan dalam pengaturan medis, upaya untuk menerapkan jenis proses diagnosa untuk masalah-masalah perilaku manusia yang disebut "penyakit mental" belum berhasil. Sifat nyata pada penyakit fungsional belum terbukti sama dalam tipe patologi yang basa organik yang positif dapat dibentuk.
Bukti mengenai rendahnya keandalan diagnosa psikiater mandiri bahkan dalam hal masalah psikis mendasar seperti neurosis, psikosis, kecemasan, depresi dll disarankan Eysenck bahwa gagasan seluruh entitas penyakit di bidang kelainan mental yang fungsional perlu dibuang. Menninger juga memiliki metode tradisional usulan tentang diagnosis berdasarkan ilusi entitas penyakit digantikan oleh apa yang disebutnya "kesatuan" sistem diagnosis.
Untuk konselor, masalah penyakit yang sesungguhnya tidak sama dengan permasalahan dalam hal psikologi. Sejumlah usaha telah dibuat dalam konseling untuk membangun sistem mendiagnosa masalah dari umum ke khusus. Sistem seperti ini belum banyak terbukti kegunaannya untuk praktik konseling, untuk alasan dasar yang sama bahwa konsep mendiagnosa penyakit yang sesungguhnya belum membantu psikiater. Sayangnya, klien tidak mau bekerjasama untuk masuk ke dalam pemecahan masalah yang disediakan oleh psikiater. Perilaku manusia sering terlalu kompleks dan efek interaksi antara faktor penentu berbagai perilaku terlalu rumit untuk satu set konstruksi diagnosa sederhana terikat pada faktor-faktor kausal yang memadai.
Untuk konselor, proses diagnosa ditujukan kepada orang-orang yang mengalami hambatan-hambatan dalam proses perkembangannya. Konselor sebaiknya melakukan diagnosa terlebih dahulu kepada kliennya sebelum melakukan proses konseling.

TINGKAT EFEKTIVITAS
Untuk konselor perkembangan, dapat mengembangkan satu jenis diagnosa yang mungkin berguna. Hal ini didasarkan pada dimensi vertikal dan berfungsi tidak terikat pada setiap himpunan yang diduga penyebab utama. Konsep ini adalah tingkat efektivitas manusia di mana seorang individu berfungsi pada waktu tertentu.
Menninger menunjukkan, pada dasarnya tingkat efektivitas ini adalah sebuah konsep kesatuan diagnosa. Dimensi efektivitas manusia sebagian besar dipengaruhi oleh tingkat kontrol individu tersebut. Tingkat kontrol yang rendah dapat menyebabkan seseorang bunuh diri. Lima tingkat efektivitas manusia dijelaskan di bawah ini,
1.    Panik
Tingkat ini ditandai dengan hilangnya aktual kontrol atas respon afektif dan/atau hilangnya kontrol atas lingkungan dalam jangka pendek. Individu biasanya cenderung berusaha untuk melindungi dirinya dan orang lain. Individu mungkin memiliki perasaan di luar kendali, seperti rasa belas kasihan, saling bermusuhan, dan emosi yang tidak terkontrol/terkendali. Dia mungkin melakukan upaya bunuh diri atau mungkin menjadi agresif atau kasar dan menunjukkan perilaku ekstrim.
2.    Kelambanan
Pada tingkat ini, ada beberapa kontrol  jangka pendek dalam aspek lingkungan. Ada sedikit kontrol terhadap aspek-aspek jangka panjang dalam kehidupan sosial. Sementara individu tidak dibiasakan bersosialisasi, dia tidak mungkin mandiri secara ekonomi atau sosial. Individu  cenderung untuk bertidak sesuai tuntutan lingkungan dengan cara-caranya yang bertujuan untuk menghindari hukuman langsung atau kegagalan, atau untuk mengendalikan perilaku dalam menjalankan tujuan rencana yang terorganisir. Dia memiliki tanggung jawab atas perilakunya dan konsekuensinya. Ia cenderung untuk bertanggung jawab atas kesulitan-kesulitannya kepada orang lain. Dia sering merasa mengasihani nasib dirinya sendiri dan cenderung menunjukkan ketidakpedulian dan ketidakpercayaan terhadap lingkungan sekitar.
3.    Berjuang
Di tingkat ini, individu memiliki beberapa tingkat kontrol jangka panjang dan aspek lebih luas dari lingkungan dan secara aktif mencari nilai lebih. Ia memiliki kemauan yang berlebihan, diantara harapan, keyakinan, perasaan pengunduran diri, dan putus asa. Perilakunya penuh rencana dan berorientasi pada tujuan sampai tingkat yang terbatas, tetapi kehidupan individu cenderung terdiri dari serangkaian krisis dan keadaan darurat yang dapat dicegah jika perencanaan dan organisasi lebih efektif.
4.    Mengatasi
Pada tingkat ini, ada kontrol dari segmen besar jangka panjang lingkungan dan atas komponen utama dari perilaku termasuk respon emosional. Perilakunya penuh rencana dan sangat besar berorientasi pada tujuan. Individu bereaksi untuk hidup sebagai tantangan bukan dengan sikap mengalah. Kecemasan yang cukup besar mungkin ada dan datang dari ego yang melibatkan peristiwa dari luar. Namun, kecemasan ini tidak menyurutkan perilaku yang penuh risiko.
5.    Penguasaan
Tingkat ini merupakan tingkat tertinggi efektivitas manusia. Individu memiliki kontrol yang besar dan peduli terhadap lingkungan.  Ia memiliki perasaan berkecukupan, penguasaan, dan nyaman di sebagian besar peran-perannya. Ia menemukan kehidupan yang penuh semangat dan makna. ia merasa terlibat dan berkomitmen terhadap nilai-nilai dan proyek-proyek yang melampaui eksistensi sendiri.
Lima konstruksi yang tercantum di atas akan berguna untuk konselor perkembangan karena beberapa alasan. Hal tersebut menawarkan beberapa petunjuk yang digunakan untuk menetapkan tujuan yang sesuai untuk perkembangan penciptaan kontrak dengan klien. Klien yang masih berada pada tahap kelambanan mungkin tidak segera menunjukkan perkembangan dalam menemukan nilai-nilai yang lebih besar dalam hidup. Jenis kontrak yang layak disepakati bersama dan klien diberi motivasi.

Sifat perilaku konselor yang tepat, juga dapat tergantung pada  klien. Tingkat tanggung jawab klien yang terstruktur, tingkat respon konselor untuk faktor emosional dibandingkan intelektual yang berguna, dan tingkat ambiguitas yang tepat bergantung pada  klien.
Misalnya, mungkin cukup tepat untuk memulai kontak dengan klien ditingkat kelambanan dengan memintanya untuk bebas bercerita, atau dengan memberinya informasi. Pendekatan tersebut sesuai untuk klien ditingkat kelambanan agar bergerak dari tingkat mengatasi ke tingkat penguasaan.
Konstruksi yang digunakan dalam sistem ini benar-benar terikat dengan cara di mana klien merasakan dunianya dan berhubungan sendiri untuk dunianya itu. Jika perilaku konselor tidak didasarkan pada beberapa pemahaman ini, ia akan sulit untuk membantu.
Dalam konseling, seluruh konsep diagnosa adalah pesanan khusus. Dalam konseling, diagnosa mengacu pada proses melalui mana konselor datang untuk memahami klien, dunia klien, dan interaksi dengan dunia klien. Pertanyaan "untuk mendiagnosa atau tidak untuk mendiagnosa" tidak akan ada jika konselor menyatakan bahwa upayanya serius untuk memahami kliennya. Sejauh mana konselor akan menggunakan proses untuk mengembangkan diagnosa klien untuk menetapkan kategori untuk perawatan yang berbeda yang dianggap tepat akan tergantung pada orientasi teoritis tertentu dari konselor.
Penelitian tentang sifat dari proses diagnosa dalam konseling oleh Koester, McArthur, Parker, dan lainnya menunjukkan bahwa diagnosa akan efektif jika terus-menerus, dicoba, dan diuji. Dalam konseling, diagnosa bukanlah tahap yang berbeda dari prosedur konseling. Itu adalah proses yang berkesinambungan yang menembus seluruh proses konseling. Proses diagnosa yang sedang berlangsung berkaitan dengan revisi dan modifikasi terus menerus. Pepinskys menyatakan bahwa diagnosa terdiri dari mengembangkan sebuah anggapan dasar "klien". Model klien ini dibangun dari pengamatan bahwa konselor membuat perilaku "nyata" klien.
Karena ini pengamatan diatur dan dikembangkan dari kesimpulan yang ditarik dari mereka, sehingga anggapan dasar klien muncul. Inilah anggapan dasar klien yang melengkapi dasar sebenarnya untuk tanggapan konselor. Konselor selalu merespon klien "nyata" seolah-olah klien seperti model hipotetis yang hanya ada dalam pikiran konselor.
Konselor harus selalu menyadari bahwa model hipotetis hanya itu dan karena itu bersifat sementara. Sebagai contoh perilaku baru yang diamati dan kesimpulan yang baru dirumuskan, model hipotetis tumbuh dan berubah. Idealnya, menjadi lebih kaya dan lebih beragam dalam karakteristik. Sebagai contoh perilaku baru muncul yang menggeser simpulan sebelumnya. Jika model ini pernah tidak berhasil, model ini dapat menjadi sangat berbeda dari klien dan keturunannya.
Metode konselor berusaha untuk menjaga kesesuaian antara model hipotetis dan klien nyatanya adalah salah satu pengujian hipotesis. Kesimpulan yang diambil dari pengamatan harus dibingkai sebagai hipotesis dapat diuji dan diverifikasi melalui pengamatan berikutnya sebelum klien diizinkan untuk menjadi bagian dari model hipotetis. Agar dapat diuji, hipotesis harus dibingkai dalam hal proses yang ketat. Dengan kata lain, hipotesis harus mampu dari konversi menjadi prediksi yang dapat diverifikasi atau ditolak. Prediksi ini dapat diverifikasi melalui perilaku wawancara berikutnya atau melalui pengamatan seperti hasil tes dan pengamatan orang lain.
Salah satu bahaya terbesar dalam proses diagnosa adalah bahwa hipotesis tidak dirumuskan secara cukup ketat sehingga bukti negatif dapat dikenali. Sering dalam pengujian hipotesis pada saat wawancara, konselor tidak sadar memilih bukti-bukti yang mendukung hipotesis sebelum terbentuk atau memanipulasi situasi, sehingga ada kesempatan untuk "umpan balik". Sangat mudah menguji hipotesis yaitu harus dikonversi menjadi bentuk "ramalan pribadi". Misalnya, konselor yang yakin bahwa klien yang memiliki masalah seksual dapat dimanipulasi saat wawancara.

PERKEMBANGAN DIAGNOSA
Jika konsep-konsep dasar terkait dengan perkembangan manusia yang memiliki nilai nyata dalam konseling, konselor harus berguna dalam menetapkan tujuan yang sesuai dengan pendekatan untuk klien tertentu. Seperti telah kita lihat, banyak label yang berasal dari psikologi abnormal tidak memiliki banyak kegunaan di daerah konseling. Psikologi perkembangan sebagai disiplin ilmu yang tumbuh dari kesadaran bahwa anak-anak bukan miniatur orang dewasa atau embrio pasif yang menunggu untuk menjadi orang, tetapi tumbuh, aktif, calon manusia dengan kebutuhan khusus, dan memiliki berbagai masalah yang mengubah seluruh kehidupan.
Dalam bab 4 kita telah menelusuri pendekatan kronologis perkembangan berdasarkan pada delapan tahap Erikson, dan dalam Bab 5, kita melihat sebuah sistem hirarki yang dikembangkan oleh Maslow untuk mengikuti pertumbuhan manusia yang penuh aktualisasi diri. Seperti yang kita memanfaatkan konstruksi perkembangan seperti ini, kita dapat mengidentifikasi tiga set dasar variabel yang dapat dipekerjakanuntuk  pemahaman atau "mendiagnosis" klien.
1.      FAKTOR TAHAP KEHIDUPAN
Faktor tahap kehidupan adalah mereka yang sebagian besar terkait erat dengan usia kronologis. Dalam banyak interaksi dari setiap manusia dengan unsur-unsur penting dalam lingkungannya (keluarga, sekolah, kerja, santai, dll) dipengaruhi oleh usia. Kegunaan dari konsep tahap kehidupan terletak pada kemampuannya untuk fokus pada interaksi antara kapasitas kematangan individu atau keterbatasan dan harapan sosial atau budaya yang didirikan baginya.
Implikasi untuk konseling yang tumbuh dari pemahaman faktor tahap kehidupan mungkin dapat dikomunikasikan menjadi baik melalui contoh. Dua anak, satu di SD satu di SMA, konselor menyebut mereka sebagai klien yang memiliki "masalah yang sama". Dalam kedua kasus laporan guru merujuk bahwa anak laki-laki mengganggu di kelas dengan berbicara, tertawa, dan lainnya disebut "perilaku yang mengganggu". Dari sudut pandang anak muda, masalahnya berasal dari cara guru bereaksi terhadap perilakunya. Kedua anak laki-laki telah menerima ketidaksetujuan lisan yang kuat, nilai rendah, dan pengurangan hak istimewa sebagai hasil dari situasi.
Dalam kedua kasus konselor meninjau catatan kumulatif, menghubungi orangtua, dan memeriksa sejarah perkembangan siswa. Johnny, delapan tahun siswa kelas tiga. Orang tuanya melaporkan bahwa perilakunya di rumah tampak normal. Ayahnya berpikir johnny adalah "anak semua" (“all boy”) dan ibunya berharap kamarnya akan tetap rapi. Mereka berharap anaknya untuk melanjutkan kuliah dan khawatir tentang hal ini "masalah di sekolah". Pemeriksaan catatan medis dan pengamatan guru menunjukkan bahwa perkembangan fisiologis normal.
Hasil dari sejarah kasus Paul, tujuh belas tahun siswa SMP tampaknya sangat mirip. Perkembangan fisiologis muncul normal. Prestasi sekolah sebelumnya memuaskan. Orang tua melaporkan bahwa ia populer diantara teman sebaya, terlibat dalam rekreasi sehat dan kegiatan sekolah. Orang tua jarang melihat dia saat mereka ingin bertemu dan sesekali memiliki masalah dalam komunikasi dengannya, tetapi melihat ini sebagai bagian pertumbuhan yang normal. Mereka juga berharap anak mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan prihatin tentang masalah ini.
Di sini kita harus menyajikan masalah yang tampaknya sama, dan kondisi sosial dan keluarga sama. Konselor perkembangan, tidak melanjutkan dengan cara yang sama dengan dua klien pada tahap kehidupan yang sangat berbeda? Tujuannya baik atau pendekatan yang sama.
Jika kita melihat grafik dalam Bab 4, halaman 84-85, kita menemukan beberapa jawaban. Dimasa kanak-kanak pada usia delapan tahun, tahap di mana tugas perkembangan utama adalah inisiatif dan industri yaitu belajar menunda kepuasan, mengendalikan reaksi emosi, dan mengembangkan kebiasaan kerja yang positif dan sikap. Perilaku mengatasi termasuk peran seks yang sesuai dan berorientasi pada prestasi perilaku.
Konselor mengingat tugas-tugas perkembangan dan tahap perilaku untuk mengatasi, karya pertama dengan guru, berbagi pemahamannya tentang perkembangan manusia. Ia menunjukkan bahwa situasi ini salah satu yang penting, dan baik mengabaikan atau bereaksi mungkin memiliki konsekuensi serius bagi perkembangan masa depan Johnny. Masalah perkembangan utama pada tahap ini adalah pengembangan dari perasaan malu atau rendah diri. Penggunaan cemoohan atau penghinaan prestasi mungkin memiliki konsekuensi yang sangat negatif bagi pertumbuhan masa depan Johnny.
Konselor berkonsultasi dengan guru Johnny untuk membangun sebuah rencana dimana prestasi atau perilaku berorientasi kerja dapat dihargai. Dalam wawancara dengan Johnny dan gurunya, satu set penghargaan diterima dan sejumlah situasi tertentu di mana perilaku yang mengganggu dicatat. Guru belajar untuk mengidentifikasi situasi ini, mengenali peluang untuk perilaku konstruktif, dan penghargaan perilaku yang tepat. Johnny juga menjadi sadar dan belajar untuk mendapatkan pengakuan, perhatian, dan persetujuan dengan konselor. Di mana klien (harus diperlakukan sebagai mitra yang dapat memahami dan berpartisipasi dalam proses yang dirancang untuk membantunya tumbuh.
Pendekatan serupa yang paling tepat untuk Paul, tujuh belas tahun, ketika kita melihat tabel perkembangan (halaman 84), kemudian kita menemukan bahwa tugas-tugas perkembangan penting melibatkan peran dari teman yang didominasi hubungan dengan melibatkan tanggung jawab individu, autonomi, dan produktivitas. Kunci Mengatasi perilaku yang timbal balik dan kooperatif adalah di alam.
Pendekatan yang serupa ketika kita melihat tabel perkembangan remaja kemudian kita menemukan bahwa tugas-tugas perkembangan didominasi hubungan yang melibatkan tanggung jawab individu, autonomi, dan produktivitas.
Dalam situasi ini konselor melihat sifat dasar dari hubungan interpersonal Paul sebagai titik fokus. Konselor mulai bekerja secara langsung dengan klien dan mencoba untuk membangun hubungan yang hangat, empatik, dan percaya. Hubungan ini berkembang menjadi jelas bahwa Paul sering bingung antara kebutuhan persetujuan dari rekan-rekan untuk kembali, kadang-kadang melalui perilaku bahwa ia mengakui sebagai belum matang dan tidak tepat, dan kebutuhan untuk merasa independen, produktif, dan kompeten.
Selama hubungan mereka berlangsung, Paul dan konselor menyepakati kontrak perkembangan dengan tujuan berfokus pada pencapaian gaya matang dan terintegrasi pada perilaku antar pribadi yang dapat dimanfaatkan dalam hubungan dengan kedua orang tua dan remaja lainnya.
Kita lihat kemudian, dua kasus serupa tapi mewakili situasi tahap kehidupan yang berbeda dapat ditangani cukup berbeda oleh konselor perkembangan.
2.      FAKTOR RUANG KEHIDUPAN
Faktor ruang kehidupan terkait erat dengan kronologis dan peran sosial terkait. Set kedua faktor juga harus dimasukkan dalam "perkembangan diagnosis" disebut faktor ruang kehidupan. Ruang fisik dan psikologis setiap manusia mendefinisikan realitas dunianya. Ini merupakan ruang kehidupan dalam arti struktur peluang perjuangan untuk tumbuh harus terjadi. Konselor perkembangan tidak mampu untuk mengabaikan perbedaan ruang kehidupan yang luar biasa diwakili dalam lingkungan klien yang berbeda.
Ada sejumlah cara dimana lingkungan individu dapat membatasi ruang kehidupan perkembangannya,  misalnya anak gadis yang memiliki kesulitan berhubungan dengan guru laki-laki mungkin berasal dari rumah dimana tidak ada ayah. Gadis yang berasal dari sebuah desa yang relatif terisolasi untuk tinggal di kota besar tampaknya menjadi pemalu dan takut. Gadis kampus dari pinggiran kota kelas menengah yang makmur tampaknya naif dan overprotektif untuk penasihat mahasiswa baru dan ia bertanya-tanya bagaimana dia akan menanggapi lingkungan lebih heterogen dari sebuah universitas perkotaan.
Untuk masing-masing contoh di atas seperangkat hipotesis dapat dibentuk tentang faktor ruang kehidupan dan bagaimana mereka akan bertindak pada pertumbuhan masa depan. Hipotesis tersebut disempurnakan dan dikembangkan dengan cara hati-hati mendengarkan dan mengamatinya, tujuan dan pendekatan tersebut dirancang untuk meningkatkan pertumbuhan untuk masa depan klien. Seringkali tujuan dan pendekatan tersebut melibatkan diskontinuitas yang menjembatani antara keterbatasan yang dikenakan oleh faktor ruang kehidupan masa lampau dan kesempatan yang tersedia dalam lingkungan belajar ini.
Jika kita memeriksa sejarah dan situasi ini, misalnya anak dari subkultur tertindas, kita sering menemukan bahwa mereka memiliki pengalaman pahit saat berada dilingkungan yang dikendalikan oleh budaya kelas menengah yang dominan. Misalnya, mereka harus menggunakan dua bahasa, bahasa yang telah mereka pelajari di rumah tidak dialek standar dari bahasa di lingkungan kelas menengah. Mungkin ada kelemahan dalam ketidakmampuan anak untuk memanipulasi objek atau ide-ide yang dianggap begitu penting oleh subkultur dominan yang diperkenalkan kepada mereka pada awal kehidupan anak kelas menengah. Apakah manipulasi melibatkan isi dari sebuah buku atau sebuah gagasan tentang peran inisiatif individu dari pada nasib, anak yang belum terbiasa dengan objek atau ide dapat dirugikan dalam subkultur yang dominan. Dalam banyak kasus ruang kehidupan anak kelas menengah juga memiliki banyak masalah  stratifikasi sosial dalam masyarakat pinggiran kota.
Jika kita menganalisis ruang kehidupan itu, terutama kita prihatin dengan mendefinisikan struktur peluang. Oleh struktur peluang berarti unsur-unsur dalam lingkungan kita yang menawarkan kemungkinan untuk pertumbuhan masa depan dan pengembangan. Struktur peluang diwakili oleh hubungan membantu tersedia, program pendidikan kontak rekan, kemungkinan pekerjaan, keuangan, moral, dan dukungan psikologis, dll yang hadir dan tersedia di lingkungan.
Kita sering gagal memahami aspek psikologis dari lingkungan, khususnya dalam hal struktur kesempatan tersebut. Dimasa lalu cenderung untuk melihat motivasi sebagai kuantitas yang lebih atau kurang yang berada dalam individu, bukan sebagai respon belajar untuk beberapa situasi lingkungan yang diberikan.
Formulasi terakhir telah dilihat motivasi sebagai suatu konstruksi yang lebih kompleks. Pandangan seperti itu cenderung fokus pada tingkat stimulasi yang ada dalam suatu lingkungan tertentu dan untuk menilai tingkat motivasi dalam hal pendekatan perilaku penarikan. Konstruksi ini melihat manusia sebagai organisme penuh rangsangan dan membutuhkan setidaknya tingkat minimal stimulasi untuk perkembangan normal. Konsep "kelaparan stimulus" menambahkan dimensi baru untuk kebutuhan manusia. Heisler telah menunjukkan bahwa ketika tingkat rangsangan menjadi terlalu tinggi, organisme cenderung mundur atau menarik diri ke dalam situasi yang dapat mengatasi menuju tingkat yang lebih nyaman. Stimulasi pada anak, misalnya dapat terlibat dan mengatasi secara memadai merupakan fungsi dari pengalaman belajar dimasa lalunya. Anak yang over protective atau anak-anak dari latar belakang budaya yang berbeda dapat menarik diri dari tingkat rangsangan dalam kelas yang menantang dan intrik lain. Anak dengan diet stimulus yang sangat kaya akan bosan dan berusaha untuk meningkatkan tingkat stimulus dikelas yang sama.
Sayangnya, kita tahu terlalu sedikit tentang sifat dari kondisi stimulus yang menghasilkan stres dalam satu anak dan membangkitkan rasa heran dan kegembiraan di tempat lain. Bagaimanapun, setidaknya empat elemen dalam situasi stimulus yang diketahui terkait dengan efek mereka pada pendekatan penarikan perilaku atau motivasi.
Yang paling jelas elemen-elemen ini adalah intensitas. Kompor panas, suara keras, kejutan listrik jelas permusuhan stimulus dalam banyak situasi. Bahkan di sini perbedaan individu yang luas dalam reaksi dengan intensitas stimulus ada, seperti yang ditunjukkan oleh keberhasilan band rock, psikedelik menampilkan, atau bahkan hobi seperti parasut melompat. Banyak individu termotivasi untuk mencari yang sangat tinggi dari tingkat intensitas stimulus dan bahkan menggunakan obat atau kimia lainnya sebagai sarana untuk meningkatkan intensitas pengalaman.
Unsur lain stimulus yang jelas adalah kebaruan. Elemen stimulus baru cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tingkat rangsangan dari meningkatnya melakukan satu lebih akrab. Anak-anak dan orang dewasa cenderung mencari stimulasi yang lebih tinggi melalui pengalaman baru, tetapi mereka mungkin menarik diri dari situasi dan reaksi dan mengalami stres ketika intensitas dan sesuatu yang baru keduanya tinggi.
Elemen ketiga yang meningkatkan tingkat rangsangan dalam situasi kompleksitas. Permainan, teka-teki, karya seni, sastra, dan semua musik bervariasi dalam kompleksitas dan menarik atau menolak penonton diberikan sebagai konsekuensi.
Unsur keempat yang beroperasi dalam cara yang mirip dengan kompleksitas ambiguitas. Penelitian psikologi sosial yang cukup besar telah menunjukkan adanya perbedaan toleransi terhadap ambiguitas, mengurangi pertahanan sebagai penyederhanaan yang berlebihan atau penutupan prematur.
Seperti kita menganalisis ruang kehidupan individu, kita perlu menilai tingkat stres dan rangsangan yang ada di lingkungan sekitarnya sebagai fungsi dari tentunya atau salah pertandingan yang ada antara kapasitasnya yang dipelajari sebelumnya untuk mengatasi dengan elemen seperti intensitas, kebaruan, kompleksitas, dan ambiguitas.
Konselor sering diminta untuk membantu lembaga yang dianggap sebagai batasan dalam ruang kehidupan individu. Respon konselor terhadap permintaan kelembagaan dapat bervariasi. Konselor mungkin mencoba melakukan perubahan dalam lingkungan yang besar, mendapatkan kerjasama keluarga untuk "Big Brother" atau pelatihan guru laki-laki untuk suatu pendekatan terhadap anak yatim yang diterima sebagai anak sendiri. Ia mungkin mengembangkan hubungan dengan gadis pemalu atau terlindung mempersiapkan dirinya untuk pengalaman kelompok di mana perasaan pribadi atau hubungan interpersonal yang dibahas. Dia mungkin merancang program pembelajaran untuk anak yang membawanya berhasil melalui serangkaian studi atau latihan keterampilan membaca. Dalam setiap kasus, konselor harus melihat dengan seksama pada ruang kehidupan individu untuk melihat peluang apa yang dibutuhkan dalam ruang kehidupan orang-orang dan belajar sejarah, dan bagaimana struktur peluang dapat ditata kembali dan diperluas untuk merangsang pertumbuhan penghasil motivasi.
3.      FAKTOR GAYA HIDUP
Gaya hidup yang berhubungan menurut Adler untuk frase "gaya hidup". Namun, kita tidak berpikir sebagai Adler melakukan dari variabel tunggal seperti berjuang untuk superioritas yang melingkupi semua perilaku individu. Gaya hidup dapat dilihat meliputi semua perilaku yang merupakan ciri khas dari seseorang, dan yang telah membuatnya dimengerti dan anggota masyarakat diprediksi. Termasuk pendekatan karakteristik seseorang secara umum seperti bergerak mendekati atau menjauhkan dari orang lain serta pendekatan yang bermotif untuk situasi tertentu. Gaya hidup adalah kualitas yang lebih istimewa dari tahap kehidupan atau ruang kehidupan. Variabel gaya hidup seringkali sangat tergantung pada pandangan subjektif seseorang tentang dirinya sendiri. Beberapa contoh akan membantu untuk menentukan kedua gaya hidup dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik tertentu dari gaya hidup individu.
Pendekatan guru dan konselor SMA untuk membantu dengan masalah. Pak Andrews merasa bahwa usia muridnya tumbuh lebih banyak dan lebih jauh darinya. Ia dan konselor terus bicara dan konselor membantu Pak Andrews untuk merumuskan keprihatinannya lebih eksplisit. Ia takut bahwa ia telah kehilangan kontak dengan keahliannya dalam membentuk hubungan memuaskan dengan muridnya. Konselor mengeksplorasi perasaan Pak Andrews tentang situasi dan setuju bahwa ketakutannya yang berbasis dikenyataan dan dalam jenis peran dan pendekatan perilaku yang mencirikan kelasnya. Konselor menawarkan garis besar pendekatan yang berbeda dan Pak Andrews memutuskan untuk terlibat dalam program yang pasti untuk mempelajari teknik-teknik pendekatan itu. Dalam serangkaian sesi di mana model konselor teknik menghadiri apa yang dikatakan mahasiswa dan menanggapi langsung ke perasaan mereka dan pernyataan, Pak Andrews kemudian memutuskan untuk memasukkan kelompok guru yang terlibat dalam pembelajaran efektivitas komunikasi lebih terbuka. Ia mulai mencoba teknik-teknik yang telah dipelajari dari konselor dan kelompok dengan murid-muridnya, kadang-kadang merekam mereka untuk penilaian konselor. Setelah beberapa saat Pak Andrews menemukan bahwa siswa mengatakan bahwa dia dan teman-temannya merasa lebih dekat dan lebih nyaman dengan Pak Andrews. Ia dan konselor mengatur untuk tetap berhubungan sesekali, tetapi setuju bahwa Pak Andrews telah berkembang dalam kemampuannya untuk berhubungan dengan siswa.
Guru telah bekerja pada karakteristik gaya hidup yang cukup umum. Dalam kasus lain, kita dapat mempelajari faktor yang lebih spesifik. Seorang konselor di sebuah pusat konseling perguruan didekati oleh seorang mahasiswa, nilai mahasiswa rendah dibandingkan dengan prestasi sebelumnya. Ia tidak baik pada saat ujian tetapi telah mengembangkan kecemasan ketika mengambil tes. Sebagai Gary dan penasihatnya bicara, menjadi jelas bahwa ia benar-benar melakukan cukup baik kecuali untuk masalah khusus ini. Dia berkencan dengan gembira, menikmati hidup di rumah persaudaraan, bermain di tim tenis, dan menikmati ski. Gary merasa bahwa ia belajar di sekolah dan studinya relevan dengan rencana kejuruannya. Puas bahwa kecemasan tersebut asli dan terfokus pada situasi pengujian, konselor menunjukkan teknik yang disebut desensitisasi. Siswa belajar untuk bersantai di bawah instruksi konselor dan ketika benar-benar santai, disajikan dengan serangkaian gambar yang Gary dan konselor telah dibuat menjadi urutan hirarkis berjalan dari gambar situasi yang menyebabkan kecemasan sedikit orang yang memprovokasi besar kecemasan, seperti menunggu untuk tes untuk diserahkan di ruang pengujian. Jika siswa telah menyelesaikan hirarki gambar dan tetap penuh santai, ia tes "desensitisasi dengan situasi pengujian" nya pada kenyataannya.
Kita telah melihat bagaimana tiga set faktor kehidupan tahap perkembangan, ruang kehidupan, dan gaya hidup dapat dimanfaatkan secara terpisah untuk mengembangkan hipotesis dari mana tujuan konseling perkembangan dan pendekatan dapat muncul. Jelas, dalam situasi konseling yang nyata tiga set faktor yang terintegrasi dalam rangka untuk menyediakan satu set filter melalui mana pertanyaan yang penting dan dapat dirumuskan hipotesis. Kita catat sebelumnya bahwa proses ini harus terus menerus, tentatif, dan diuji.
Dalam kerangka perkembangan kita dapat menetapkan peta kognitif yang membantu kita untuk mengeksplorasi wilayah yang tidak diketahui dan diwakili dalam setiap perkembangan klien. Kita tidak mencari satu set label untuk menggantung kepadanya, kotak kategoris untuk menempatkan dia masuk konstruksi diagnostik kami terbuka, berakhir lalu menghasilkan hipotesis, pertanyaan, dan kemungkinan dari yang kita dapat mengembangkan dan menyempurnakan kita sesuai tujuan dan pendekatan. Mereka mengarah ke pengayaan bertahap dan perluasan tingkat pemahaman kita atau dengan kata lain, diagnosis perkembangan kita dari orang yang tumbuh.

PREDIKSI
Konselor tertarik dalam masalah prediksi untuk dua alasan . Pertama, ia tertarik dalam pengujian pemahaman tentang klien dan dengan kecukupan teori konseling pribadinya. Konselor pada dasarnya beroperasi sebagai seorang ilmuwan dalam menggunakan fitur koreksi diri dari sistem hipotetiko-deduktif untuk meningkatkan efektivitas psikologisnya sendiri. Dalam banyak kasus, prediksi menjadi alat penting untuk membantu klien sendiri. Klien mungkin ingin memprediksi tentang kesuksesannya di perguruan tinggi, ketekunan dalam pekerjaan, atau situasi lainnya.
Masalah prediksi terlibat dalam dua kategori yang agak berbeda. Dalam kasus dimana prediksi terjadi terutama untuk tujuan pengujian dan pemurnian teori konselor atau pemahaman, proses prediksi melibatkan  istilah "prediksi klinis". Prediksi klinis hanyalah satu di mana sulit atau tidak mungkin untuk memisahkan prediktor dari prediksi. Misalnya, konselor X mewawancarai seorang gadis SMA mengenai rencana kuliah. Catatannya sangat baik dan dia menyatakan ketertarikan yang tinggi di bidang akademik. Setelah beberapa kali wawancara, konselor X  memprediksi bahwa klien ini akan drop out dari kuliah dalam waktu dua tahun untuk menikah. Prediksi ini muncul bukan dari data tes objektif, tetapi keluar dari proses yang sangat subyektif dalam pikiran konselor. Prediksi benar-benar diverifikasi. Klien akan drop out dari kuliah dalam waktu dua tahun untuk menikah atau dia tidak akan melanjutkan kuliah. Tindak lanjut akan memverifikasi atau menolak prediksi tersebut. Pengujian prediksi ini pada dasarnya akan menjadi ujian bagi pemahaman konselor atau sistem teoritis, dari pada tantangan dari sistem tujuan prediksi.
Dari pada menggunakan metode klinis prediksi, konselor mungkin memilih menggunakan metode aktuarial. Ia mungkin mendapatkan satu set nilai tes bakat kuliah untuk klien, masukkan ini ke dalam sebuah meja harapan, dan membuat prediksi berdasarkan pengalaman dari sekelompok individu lain dengan skor serupa dengan kliennya. Dari prediksi aktuaria, konselor dapat menentukan tingkat kemungkinan  ketekunan di perguruan tinggi untuk orang dengan skor tes seperti klien ini. Dalam kasus ini, prediksi aktuaria ketekunan perguruan tinggi dan prediksi klinis mungkin memberikan hasil yang berlawanan.
Penelitian yang membandingkan efisiensi metode aktuarial dan klinis dari prediksi dalam situasi di mana keduanya sama-sama berlaku biasanya memberikan hasil yang sangat mendukung metode aktuaria. Pilihan metode tidak mudah, bahkan di dalam data ini. Konselor perlu terus membuat dan menguji prediksi klinis untuk menyempurnakan teori pribadinya. Dia tidak perlu memberikan prediksi kepada kliennya kecuali jika ia memiliki alasan untuk percaya, bahwa mereka akan lebih berguna daripada prediksi smiliar dibuat dari data aktuaria. Dalam situasi dimana data aktuaria yang tersedia, konselor perlu untuk membandingkan efisiensi prediksinya dengan metode aktuarial dan untuk digunakan dengan klien metode yang paling efisien.
Dalam banyak situasi, metode aktuaria hanya tidak tersedia. Dalam memprediksi berbagai jenis perilaku, tujuan tabel pengalaman tidak tercatat, dan konselor harus resor ke "tabel PENGALAMAN" subyektif bahwa ia membawa di kepalanya. Dalam situasi lain bahkan di mana tabel aktuaria ada, ada keraguan yang cukup besar apakah klien benar-benar cocok ke dalam sel dalam tabel harapan. Misalnya, dalam memprediksi keberhasilan perguruan tinggi untuk anak dengan latar belakang budaya atau bahasa yang sangat berbeda dari kelompok diwakili dalam tabel harapan, apakah tepat untuk memasukkan nilai klien dalam tabel dan menerima prediksi yang diberikan.
Faktor lain yang rumit di prediksi adalah tarif dasar masalah. Konselor Y beroperasi disebuah SMA di mana 90 persen dari lulusan memasuki perguruan tinggi. Menindaklanjuti informasi yang menunjukkan 80 persen dari lulusan bertahan di perguruan tinggi setelah satu tahun. Sederhana "dasar tingkat prediksi" dari ketekunan dalam perguruan tinggi setelah satu tahun akan cenderung untuk menjadi benar empat kali untuk lulusan SMA ini. Dalam beberapa situasi, penggunaan data uji aktuaria berdasarkan kelompok di seluruh negara bagian dengan tingkat dasar yang sangat berbeda sebenarnya dapat mengurangi efisiensi prediktif diperoleh dari tarif dasar saja.
Secara umum, konselor perlu lebih sistematis untuk membuat dan menguji prediksi klinis untuk memastikan pertumbuhan profesional mereka sendiri. Mereka juga perlu untuk mengumpulkan data yang aktuaria ke dalam tabel harapan bila memungkinkan. Dalam membuat prediksi untuk klien, konselor perlu menggunakan metode prediksi yang dikenal paling efisien untuk masalah tertentu yang terlibat.



PENGGUNAAN TES DALAM KONSELING

            Mungkin ada kesalahpaham  dalam sirkulasi tentang penggunaan dan penyalahgunaan tes dalam konseling daripada masalah yang lainnya di lapangan. Berbagai pendapat telah banyak diungkapkan dengan efek bahwa tes yang baik, buruk, tidak bermoral. Tidak adil, bukan orang Amerika, tidak berguna, sempurna, dll.  Kenyataannya adalah, tentu saja dalam tes itu sendiri tidak ada hal-hal ini. Tes psikologi hanyalah sebuah contoh dari perilaku yang diambil di bawah kondisi standar dari mana kita menyimpulkan perilaku lainnya.
Memberikan atau menggunakan uji dalam konseling tidak lebih menunjukkan sikap "diagnosa" dari jenis lain membuat pengamatan dan menggambar jenis lain kesimpulan. Tes sendiri adalah perangkat hanya untuk melakukan pengamatan. Hanya ketika pengguna informasi tes mulai membuat kesimpulan dari ini observasi bahwa kemungkinan yang tidak adil, bias, atau hanya salah datang ke dalam bermain.
Salah satu sumber yang paling sering penyalahgunaan tes melibatkan kesalahpahaman dari asumsi dasar dan konstruksi yang mendasari tes menggunakan tertentu. Salah satu yang paling sering disalahpahami seperangkat asumsi adalah bahwa yang terlibat dalam penggunaan tes bakat. Bakat adalah membangun psikologis yang kita adakan untuk menjelaskan perbedaan individu dalam kinerja. Ketika kita menyaksikan kinerjaluar biasa dalam kegiatan tertentu, Kita biasanya menjelaskan hal ini dalam hal menganggap kepada pelaksana bakat bakat yang tidak biasa.
Bakat kemudian dapat pernah diukur secara langsung. Hanya pertunjukan dapat langsung diamati. Dalam merancang tes bakat disebut, karena itu, Kami berusaha untuk mengamati kinerja yang selalu belajar atau dicapai, dan kami kemudian menyimpulkan bakat. Kami mengukur prestasi dan bakat menyimpulkan. Ketika kita bergerak melampaui observasi untuk menyimpulkan membangun psikologis, asumsi kunci tertentu harus dibuat. Sangat sering  sifat dari asumsi terlupakan.
Karena kita tidak bisa mengukur bakat, tetapi harus menyimpulkan dari kinerja belajar, kita harus mengasumsikan bahwa perbedaan individu dalam kinerja karena perbedaan dalam membangun mendasari kecerdasan yang kami bermaksud untuk menyimpulkan. Inferensi ini hanya masuk akal sama sekali jika kita bersedia untuk membuat asumsi bahwa semua mata pelajaran pada siapa pengamatan yang dibuat memiliki kesempatan yang sama untuk belajar atau mencapai kinerja diukur.
Asumsi ini mungkin masuk akal benar jika kita membandingkan kinerja dari subjek yang telah memiliki sejarah yang relatif homogen belajar, latar belakang keluarga, pengalaman budaya, dan sebagainya. Ketika perbandingan yang dibuat untuk kelompok atau individu tanpa latar belakang homogen, asumsi kesempatan yang sama dalam membatalkan segera.
Maka dari ini bahwa kita dapat mengukur perbedaan dalam prestasi atau kinerja lebih mudah. Hal ini menjadi cukup sulit untuk membuat kesimpulan yang aman yang menjelaskan perbedaan-perbedaan ini. Semua tes yang kita gunakan hanya mengukur prestasi. Tidak ada tes sekarang tersedia dapat mengukur bakat secara langsung. Jika tes tersebut pernah datang ke dalam keberadaan, mereka akan hampir pasti menjadi fisiologis bukan psikologis, dan tampaknya kriteria berguna. Sampai hal tidak mungkin bahwa kita dapat melampirkan galvanometer ke telinga subyek dan mengukur debit listrik antara mereka, konselor akan melakukannya dengan baik untuk mengingat bahwa konstruksi seperti "kecerdasan" atau "bakat skolastik" atau "kemampuan perguruan tinggi" yang sangat tergantung pada keliru kesimpulan yang jauh melampaui sifat pengamatan aktual yang mereka didasarkan.
Sumber lain penyalahgunaan informasi tes berasal dari pemikiran yang longgar tentang sifat konstruksi yang mendasari disimpulkan seperti intelijen. Selama bertahun-tahun, upaya telah dilakukan untuk mengembangkan tes budaya yang disebut bebas dariintelijen. Beberapa pertanyaan tentang kecerdasan adalah "kemampuan secara keseluruhan untuk beradaptasi dengan lingkungan." Sifat perilaku cerdas didefinisikan oleh lingkungan atau budaya. Para dosen yang khas dilemparkan sendiri di hutan mungkin kurang pas untuk beradaptasi dari pemain sepak bola yang dia gagal dalam matematika dan menganggap bodoh.
Sifat tuntutan lingkungan menentukan sifat dari perilaku yang akan dianggap cerdas. Istilah "cerdas" hanyalah sebuah kata nilai yang diterapkan pada perilaku. Selama ada perbedaan individu dan kelompok antara manusia, mungkin akan ada orang untuk menerapkan penilaian nilai perbedaan-perbedaan dalam hal baik dan buruk, cerdas dan bodoh, superior atau inferior.
Berburu dalam mempelajari fakta-fakta akumulasi dalam kajian mendalam bukti dari berbagai penelitian yang relevan menyimpulkan bahwa asumsi dari intelijen, tetap genetik ditentukan hanya tidak kompatibel dengan bukti. Sebaliknya, ia menyimpulkan bahwa perkembangan intelektual dan membangun jelas, kecerdasan, tumbuh dari interaksi anak dengan lingkungannya. Dalam konteks ini, peran konselorperkembangan tidak menggunakan tes untuk mencoba untuk mengukur beberapa setdidefinisikan batas-batas artifisial pada pengembangan, tetapi untuk membantu menentukan jenis lingkungan. Pertemuan yang terbaik akan memfasilitasi pengembangan yang optimal.
Schwebel menjelaskan posisi ini ketika ia mengatakan: “Fungsi mental manusia berkembang dalam proses pembelajaran. Sementara menguasai pengalaman manusia sistem otak terbentuk”.
Pendidikan anak dimulai pada masa bayi. Lima atau enam tahun kemudian mereka yang masuk sekolah dengan fungsi serebral yang tidak cukup dibentuk atau berbentuk memerlukan langkah-langkah diagnosa dan korektif. Mereka harus dibantu untuk memperoleh fungsi-fungsi ini melalui tindakan-tindakan yang direncanakan guru yang tidak hanya menunggu sekitar untuk beberapa potensi pra ditentukan untuk berkembang.
Konselor perkembangan membantu untuk memastikan bahwa tes digunakan dalam pengaturan pendidikan untuk memfasilitasi pengembangan, daripada untuk merasionalisasi kegagalan untuk melakukannya.
Pengujian dapat digunakan dalam konseling untuk dua tujuan umum. Kekhawatiran pertama pengujian hipotesis konselor dan telah ditangani dengan di halaman sebelumnya. Penggunaan kedua melibatkan interpretasi informasi tes untuk memberikan klien informasi yang lebih memadai yang bersifat deskriptif atau prediktif tentang diri mereka sendiri dan kemungkinan mereka.
Mungkin faktor yang paling penting untuk diingat dalam interpretasi tes adalah bahwa informasi tes tidak pernah merupakan tujuan itu sendiri, tetapi hanya merupakan alat yang akan digunakan untuk memfasilitasi beberapa tujuan konseling yang lebih penting. Uji interpretasi harus selalu diintegrasikan ke dalam konteks wawancara konseling dengan cara yang berarti maksimum tidak aman untuk klien dalam hal situasi klien tertentu. Uji interpretasi harus selalu melibatkan klien dalam cukup aktif makna dari informasi tes kepadanya.
Interpretasi hasil tes untuk klien melibatkan setidaknya pemahaman minimal dari beberapa konsep pengukuran penting. Yang pertama dan paling penting dari validitas tersebut.
Sebelum kita lolos ke pertanyaan teknis yang terlibat dalam pengujian psikologis, kita harus menegaskan kembali pentingnya pemahaman yang sangat dasar.Penyalahgunaan tes psikologi mungkin telah terhubung dengan tragedi kemanusiaan lebih dari setiap aspek ilmu perilaku modern. Penindasan sistematis dan diskriminasi terhadap jutaan anak-anak minoritas dan orang dewasa telah sering sebagian sanksi dengan menggunakan tes.
Pembaca segera diminta untuk membaca sangat hati-hati pembacaan direkomendasikan pada pengujian anggota minoritas. Sebuah pemahaman menyeluruh dari literatur ini adalah hampir suatu keharusan etis dan moral bagi perkembangan konselor.

KEABSAHAN
Validitas melibatkan sejauh mana instrumen yang diberikan langkah-langkah apa yang dimaksudkan untuk mengukur. Sejumlah konsep yang terlibat dalam diskusi tentang validitas. Setidaknya empat aspek validitas telah diidentifikasi. Ini termasuk validitas prediktif, validitas konkuren, validitas isi, dan validitas konstruk.
Jenis validitas yang biasanya lebih bersangkutan dengan konselor adalah validitas prediktif. Validitas prediktif adalah kemampuan suatu instrumen untuk memprediksi beberapa kejadian masa depan, misalnya, rata-rata grade point dari sekelompok anak SMA setelah satu tahun kuliah. Validitas prediktif biasanya diperoleh dengan membandingkan koefisien korelasi antara distribusi skor tes yang diperoleh pada waktu sebelumnya terhadap distribusi nilai pada beberapa ukuran kriteria kemudian.
Validitas konkuren berbeda dari validitas prediktif  dalam faktor waktu. Hal ini biasanya diukur dengan perhitungan koefisien korelasi antara distribusi skor tes dan beberapa kriteria mengukur secara bersamaan . Sebagai contoh, validitas konkuren untuk tes standar dalam Sejarah Amerika mungkin diperoleh dengan mengga bungkan satu set skor tes pada siswa dengan nilai mereka saat ini dalam sejarah.
Faktor penting dalam kedua konsep ini adalah bahwa mereka tidak dapat dipertukarkan. Kemampuan tes untuk memprediksi kejadian masa depan tidak dapat ditunjukkan oleh korelasi dengan ukuran kriteria bersamaan.
Aspek ketiga dari validitas adalah validitas konten. Dalam berbagai jenis tes, terutama tes prestasi di bidang materi pelajaran, penting untuk menunjukkan bahwa barang uji adalah wakil dari alam semesta, item yang cukup komprehensif untuk mewakili tujuan dianggap bidang konten. Validitas isi berbeda dari validitas prediktif dan bersamaan dalam bahwa pada dasarnya ditentukan oleh proses melalui mana item yang dipilih.Sebagai contoh, sebuah penerbit tes bisa mendapatkan semesta beberapa ribu item yang dikembangkan oleh kesebelas guru kelas Sejarah Amerika untuk mengukur tujuanprogram mereka. Item ini mungkin berkurang beberapa ratus dengan menghilangkan konten yang tumpang tindih.  Dari kolam ini, tes seratus item mungkin ditarik oleh random sampling  acak atau bertingkat. Tes ini kemudian bisa mengklaim validitas konten atas dasar bahwa itu adalah wakil dari alam semesta item yang dianggap oleh para ahli untuk menentukan konten yang relevan Sejarah Amerika pada tingkat tertentu.
Aspek keempat dan yang paling membingungkan dari validitas adalah validitas konstruk. Validitas konstruk bagi konselor tidak perhatian besar bagi konselor berlatih paling.Validitas konstruk adalah konsep yang berguna dalam penelitian di daerah di mana tahu birai sangat terbatas sehingga jenis  ukuran kriteria nilai kecil. Sebagai contoh, psikolog yang tertarik  menyelidiki fenomena "kecemasan" kemungkinan untuk menemukan sejumlah tindakan kecemasan ada, tetapi tidak satupun benar-benar mewakili ukuran komprehensif membangun seperti yang disimpulkan dari teori kepribadian. Ia merencanakan suatu instrumen dalam hal berapa banyak hasil yang diperoleh sesuai dengan hasil yang diperoleh sesuai dengan formulasi teoritis yang disandang di bawah perkembangannya. Jika hasil yang relevan dengan dasar teoritis dan membantu untuk mengembangkan atau menjelaskan teori, tes dapat dikatakan memiliki validitas konstruk.
Harus diingat bahwa konselor tidak perlu berlatih terkesan dengan klaim validitas konstruk untuk tes yang akan ditafsirkan untuk klien. Kecuali tes dapat menunjukkan prediksi, bersamaan, atau validitas isi, biasanya nilai yang kecil untuk menafsirkanmereka kepada klien. Tes biasanya ditafsirkan kepada klien dalam rangka untuk membantu mereka memahami lebih baik kemungkinan peristiwa masa depan (validitas prediktif), bagaimana mereka membandingkan dengan beberapa kelompok yang relevan (validitas konkuren), atau bagaimana benar-benar mereka telah menguasai beberapa bidang pengetahuan (validitas isi).
Lain konsep validitas yang  sering keliru dipahami adalah validitas wajah. Validitas wajah adalah sejauh mana item dari tes muncul untuk mengukur sesuatu. Validitas wajah, tentu saja, tidak ada  validitas  sama sekali dalam pengertian empiris. Sebagai contoh, sebuah tes yang tampaknya untuk mengukur kemampuan mekanik dan penuh dengan item tentang roda gigi, puli vekto, dll mungkin tidak memiliki  validitas empiris apapun. Lain tes kepribadian, misalnya, yang terdiri dari banyak "halus" item yang tidak memiliki relevansi nyata dapat memiliki validitas empiris substansial.

TABEL    8-1
Jenis Tindakan Validitas Dan Kriteria Yang Relevan
Jenis validitas
Jenis kriteria
Prediksi
korelasi set sekarang nilai dengan satu set kejadian masa depan
Bersamaan
korelasi set nilai sekarang dengan beberapa lainnya
pengamatan perilaku ini
Konten
keterwakilan dari beberapa item isi alam semesta yang didefinisikan

Membangun
kesesuaian hasil dengan model hipotetis yang sama theorically berasal

Keandalan
Konsep lain utama yang terlibat dalam menggunakan tes adalah kehandala. Keandalan mengacu pada konsistensi pengukuran dari waktu ke waktu, yang biasanya ditentukan oleh kehandalan tes ulang uji. Dan konsistensi antara dua pengukuran yang serupa, yang biasanya disebut "bentuk paralel" atau "split setengah" kehandalan. Aspek ini dua dari keandalan tidak sama sejak jenis konsistensi yang diukur cukup berbeda.
Uji reliabilitas tes ulang adalah jenis reliabilitas di mana konselor biasanya paling tertarik. Hal ini biasanya dihitung dengan menghitung koefisien korelasi antara dua distribusi skor tes yang diperoleh pada dua waktu yang berbeda pada populasi yang sama. Interval waktu antara administrasi adalah faktor yang relevan dalam mengevaluasi konsistensi tes. Sebagai contoh, tes mungkin memiliki uji reliabilitas tes ulang dari 90 untuk dua administrasi satu bulan terpisah. Hal ini memberikan ukuran bermakna kehandalan dari waktu ke waktu.
Uji reliabilitas tes ulang jelas mahal dan sulit diperoleh. Karena kenyataan ini, penerbit uji dapat menggunakan ukuran konsistensi internal di tempat reliabilitas tes ulang uji. Sebagai contoh, pembangun tes mungkin mengambil satu set item tes dan membaginya dalam dua bagian melalui beberapa metode acak seperti item bernomor ganjil dan genap. Dia mungkin mengkorelasikan skor yang diperoleh dari setiap setengah atau bentuk tes untuk mendapatkan ukuran yang disebut "setengah split" atau kadang-kadang "paralel bentuk" kehandalan. Langkah ini hanya memberitahu pengguna sejauh mana dua bagian atau bentuk dari instrumen melakukan dalam cara yang sama atau pada intinya, mengukur hal yang sama. Ini tidak mengukur konsistensi pengukuran dari waktu ke waktu dengan cara apapun.
Kadang-kadang, sifat mengembangkan akan diukur seperti yang uji reliabilitas tes ulang yang tinggi tidak diinginkan. Misalnya, "mood skala" dimaksudkan untuk mengukur fluktuasi dalam reaksi emosional tidak akan diharapkan memiliki kehandalan dari waktu ke waktu karena mendasari mengembangkan tidak dianggap stabil dari waktu ke waktu. Prestasi tes atau uji "usia mental" atau waktu lainnya terkait konstruksi tidak akan diharapkan untuk memiliki keandalan yang besar atas jangka waktu yang lama. Di sisi lain, konstruksi seperti bakat biasanya dianggap relatif stabil sepanjang waktu meskipun bukti untuk ini adalah jauh dari meyakinkan.
Karena hampir semua tes psikologi, seperti jenis lain pengukuran, tidak sempurna dapat diandalkan, tingkat ketidaktepatan yang disebabkan oleh fector ini harus dipertimbangkan dalam setiap penggunaan atau penafsiran nilai dalam menggunakan tes psikologi, Ketidaktelitian ini diperhitungkan dalam apa yang sering disebut sebuah "jarak interpretasi". Sebuah penafsiran jarak di kontras dengan "interpretasi titik" mengakui kenyataan bahwa, karena pengukuran tidak dapat diandalkan , nilai tertentu tidak akan mungkin akan berulang pada suatu administrasi tes berikutnya. Sebaliknya, dengan mengubah koefisien reliabilitas ke dalam apa yang disebut "kesalahan standar pengukuran", kita dapat menghitung lebar dari jarak di mana angka berikutnya dapat diharapkan untuk jatuh pada beberapa tingkat probabilitas --- dalam kasus ini, sekitar dua atau tiga kali.
Sebagai contoh, jika kesalahan standar pengukuran tes tertentu adalah plus atau minus lima poin skor baku dan kami memiliki skor mentah diperoleh dari 85, kita dapat berharap bahwa, pada pengujian ulang, sekitar dua-pertiga dari nilai waktu akan jatuh antara 80 dan 90.
Sebuah perintah yang relatif sederhana lain mengenai penggunaan tes perlu diingat oleh konselor. Beberapa tercantum di bawah ini:
1. Nilai tes harus selalu ditafsirkan dalam konteks semua informasi yang tersedia mengenai klien. Informasi mengenai latar belakang budaya, kesehatan, motivasi, dan keterampilan pendidikan klien, antara variabel lainnya, merupakan faktor penting dalam menempatkan arti skor tes dalam perspektif.
2. Prediksi dari nilai tes yang diperoleh melalui tabel "harapan" aktuaria atau selalu untuk kelompok, tidak untuk individu. Prediksi harus selalu dibuat dalam bentuk jamak orang ketiga; "untuk orang dengan skor seperti ini. . . "
3. Sukses di hampir setiap upaya ditentukan oleh faktor-faktor kompleks yang pasti meliputi motivasi dan kontrol diri serta kemampuan. Kemampuan mungkin menjadi faktor yang diperlukan tapi tidak selalu  suatu kondisi yang cukup untuk sukses.

Tes adalah instrumen yang berguna untuk membuat observasi dan beberapa kasus prediksi tentang perilaku manusia. Sifat kesimpulan yang dapat ditarik dari data sah uji terbatas. Hal ini sangat tidak mungkin bahwa klien dapat secara memadai dijelaskan oleh data uji ini sendiri. Data tersebut, ketika terampil dikombinasikan dengan pengamatan lain, dapat berguna untuk konselor. Jika  dengan menggunakan tes sebagai bagian penting dari set-nya teknik profesional seorang konselor, ia harus menjadi ahli dalam penggunaannya. Kemahiran diperoleh melalui studi intensif dan pengalaman yang luas dengan instrumen yang akan digunakan.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. iya, hhehe ..
      Buat antisipasi kalo data hilang, buat bantu adik adik tingkat juga kalo mau cari materi kuliah :)

      Hapus
  2. mantap blognya, kyaknya anak Bimbingan konseling nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat :)
      iya, saya mahasiswa BK UNS
      Salam kenal ya mas, trimakasih sudah berkunjung ^^

      Hapus